26 Juni 2017
Situs Sang Kolektor
Web Terbaik Indonesia
Menurut Anda, siapakah komikus Indonesia yang paling mampu menyajikan gambar dan cerita dengan sangat baik?
Ardisoma
AS Danial
Djair
Djoni Andrean
Ganes TH
Gerdi WK
Hadrian
Hans Jaladara
Har
Hasmi
Henky
Jan Mintaraga
Kelana
Kus Bram
Kwik Ing Ho (Wiro si Anak Rimba)
Mansjur Daman (Man)
Mar
Mater
NBC Sukma
Oerip
R.A. Kosasih
Sim
Sriwidodo
Taguan Hardjo
Teguh Santosa
Wid NS
Zaldy
(4743 votes)


See Results

Experiment

oleh Joseff Kasenda

Sekedar mengisi waktu karena tidak bisa tidur, saya sekedar iseng-iseng membuat sketsa di atas kertas menggunakan pensil. Entah mengapa saya memiliki ide gambar tentang Superman yang sedang mencoba merebut buku dari karakter kolektor saya. Ide itu saya goreskan di atas kertas dan kira-kira butuh 10 menit. Ternyata saya puas dengan sketsa itu (lihat gambar 2), jadi saya putuskan untuk mengolah gambar itu lebih lanjut. Untuk bisa mengolah sketsa itu, saya perlu menggambar ulang untuk mendapatkan garis-garis yang lebih bersih agar menyerupai lineart. Tujuannya adalah untuk mempermudah proses pewarnaan di komputer. Setelah lineart selesai (lihat gambar 3) , saya segera melakukan scanning gambar tersebut. Sebenarnya saat sketsa di gambar ulang ke dalam bentuk lineart (dengan cara dijiplak), terjadi beberapa kekeliruan proporsi, misalnya bagian kepala yang pada versi lineart-nya tampak lebih kecil. Kesalahan-kesalahan garis dan proporsi kemudian dibetulkan lewat komputer. Setelah dirasa sesuai, akhirnya proses memasuki tahap akhir.

Proses terakhir dan yang memakan waktu paling lama adalah pewarnaan. Sekalipun demikian, bekerja dengan Photoshop memberikan beberapa kemudahan untuk melakukannya. Hasilnya, seperti yang dapat Anda lihat di halaman ini.

Gambar 1: Gambar yang sudah diselesaikan. Pewarnaan mengunakan aplikasi Photoshop. 

Gambar 2: Sketch gambar asli

Gambar 3: Gambar yang sudah dirapikan.



Updated as of: 2005-01-30 02:30:01

Artikel ini telah dikunjungi: 8350 kali

Artikel sejenis:
Tentang Sang Kolektor 24 Januari 2005

Isi Komentar untuk artikel: " Experiment "
Name*
Email*
Website
Your IP 54.145.94.234
Your comment*
   
Komentar untuk "Experiment"
simon from 125.161.173.73 at 2009-10-17 03:28:20:
saya sangat bernostalgia karena dulu komikmania dari yang silat sampai fantasi. sungguh karya-karya komik besar ini harus dipatenkan karena ini kekayaan bangsa juga. dan paling tidak karya-karya ini pengarang diregenerasikan. seperti godam gundala sibu ...
ulifata from 125.160.66.161 at 2007-11-19 01:12:31:
jadi inget anakku kelas 2 sd suka gambarin apa yang dipikirin... gimana cara ngembangkannya ? soalnya dia gak mau diarahin ama guru gambarnya...
Deny AShton from 125.161.203.11 at 2007-10-23 07:21:17:
PENGGEMAR TITIN YA? sekilas aku lihat sang kolekter...mmm mirip tintin. sory ya aku juga penggemar tintin. oh ye klau mau ikutan komunitas komik apa yang aku lakukan untuk langkah pertamnya? thanks
wilsa from 61.5.113.74 at 2007-10-16 03:33:02:
keren... simpel dan menarik..
ultralangit from 202.73.124.120 at 2007-09-07 07:19:08:
pemilihan warna yg enak untuk mata merah biru dan orange kelihatan simpel dan dinamis tapi mas joseff kok supermannya gak punya jambul huruf "S" nya...hehehehe...
Super Yoss from 61.5.120.143 at 2007-08-07 09:10:34:
Nanti gambar ini tak tambah aku di belakangnya mas SANG KOLEKTOR mau rebut komiknya ... he he he
Nico from 220.245.178.131 at 2007-07-10 18:48:44:
Sori cuma Superman-nya kurang kelihatan kayak superhero. Setting dan backgroundnya juga rada simple. Tapi bayangan dibawah itu bagus yach.
felik from 202.152.39.106 at 2007-04-17 02:18:54:
Keren Abis dah salut gw
abim from 125.160.203.217 at 2006-12-04 01:58:11:
situs komik yang sangat lucu dan menghibur
wawan from 61.94.213.94 at 2005-10-08 22:15:12:
wah... bagus dengan ini saya dapat plajaran baru ttg bagaimana mbuat komik tp klo selain pake photoshop bisa ga?
Budi from 202.127.108.150 at 2005-08-26 08:03:41:
Ini pelajaran bagus buat orang seperti saya yang pengen otak-atik gambar lewat komputer tapi nggak tau caranya. Kalau bisa pelajaran begini lebih detail lagi pak?
endarto from 222.124.73.176 at 2005-08-02 01:41:56:
heheheh oke juga gbrnya ...saya juga senang sedikit main2 dengan photoshop...dikala senggang...silahkan klik web gratisan saya buat ajang galery gratis hahahah salam hangat/endarto
Komik
Baru


Bunuh Mandala

Talk About Hape

Zantoro

100 Tokoh yang Mewarnai Jakarta

Jodoh Buat Awang

Benua Ketujuh

Seribu Kapal
? 2005 Sang Kolektor Powered by i-dealogic Web Management/jfKlass v7.85